Gamer mana si yang enggak tau GTA San Andreas, game yang katanya Unlimited atau yang bisa ke mana aja. Mungkin ini game sudah lama, tapi mungkin juga ada yang enggak tau jalan ceritanya. Dan pada kesempatan hari ini gua akan menceritakan cerita singkat yang gua tau di game ini.

Los Santos. Awal cerita si tokoh utama Carl Johnson atau yang sering dipanggil “CJ”, dia udah 5 tahun meninggalkan San Andreas. Terus dia ditelpon sama abang nya Sweet, Sweet ngasih tau si CJ kalau  ibu mereka sudah dibunuh, jadinya si CJ harus pulang deh. Pas sudah di Los Santos, CJ diburu sama gerombolan Ballas pas sesudah mengunjungi pemakaman ibunya. CJ mutusin kalau dia enggak mau pergi ninggalin gengnya lagi, Grove Street OG, yang sejak kepergian CJ jadi geng paling terburuk di Los Santos. Sekutunya Seville Family mutusin untuk pisah terus musuh bebuyutannya, Ballas makin kuat dengan gabung sama gang asal meksiko, Vagos. Di kota ini, si CJ, Sweet juga 2 temen yang sudah dianggap keluarga kandung sama CJ, Big Smoke & Ryder berusaha keras ngebalikin taringnya Grove Street dulu, Perlahan Grove street bangkit, eh malah dijebak sama 2 temen dekatnya yang kerja sama sama ballas OG dan CRASH si polisi enggak bener. Disini terungkap konspirasi dan rahasia dari pembunuh ibu nya CJ. Alhasil, Grove Street yang mulai bangkit malah jatuh lagi, abangnya si CJ ditahan seumur hidup di penjara. Dan si CJ dibawa sama Crash si polisi kotor ke luar dari Los Santos untuk ngelakuin kerjaan kotornya.

Country Side (pedesaan). Abis ninggalin Los Santos, si CJ yang dipaksa ngelakuin kerjaan kotornya Crash jadi ketemu kawan-kawan baru. Si Catalina, sepupunya si Cesar (Cesar ini pacarnya Kendl, adek perempuan CJ) & si aneh TheTruth, terus si Woozie yang nantinya jadi partner bisnis CJ. Setelah nyelesain misi catalina dan balapan. CJ tanpa rencana jadi ngikut truth ke San Fiero.

San Fiero. Di kota ini CJ mulai bisnis, dari buka usaha bengkel sampai properti, terus disini dia ketemu sama Mike Toreno, yang nantinya bakalan ngebebasin Sweet setelah CJ ngelakuin perintahnya Toreno. Di San Fiero ini juga ada misi dimana CJ bakal matiin si Ryder. Disini juga si CJ mulai berteman dengan Woozie, bos geng Triad. setelah nyelesain sekolah pilot, si woozie ini ngundang si CJ untuk jadi partner bisnis dragons cassino di Las Venturas.

 

Las Venturas. Disini CJ nambah kawan lagi, disini dia punya kawan baru yang namanya Ken Rosenberg, Maccer, Ken Paul dan bahkan madd dog artis terkenal yang di Los Santos sudah dirampok dan dijatuhin sama CJ sendiri demi nolongin Rapper enggak berbakat, OG LOCK. Di salah satu misi Las Venturas, CJ bakal bunuh officer Pulasky, orang kepercayaannya CRASH.
Setelah semua misi selesai di Las Venturas, CJ yang jadi managernya Mad dog pulang lagi ke Los Santos buat ngerebut Mansion nya Mad dog dan disana CJ ngejalanin bisnis entertaintment dengan Mad dog, Maccer, Ken Paul dan Rosenberg. Disini juga si sweet dibebasin sama si Mike Toreno.

Nah ini dia detik-detik akhir dari game ini. CJ berhasil buat Grove Street seperti semula, meskipun kalau soal nguasain wilayah itu tergantung sama kemauan kita sebagai pemeran utama game ini, terus si CJ dengan berat hati berhasil bunuh si Big Smoke, dan akhirnya si Crash. Setelah nyelesaiin semua misi, kita tetap bisa lanjutin gamenya, meskipun enggak ada lagi misi penting yang bisa kita kerjain alias bebas