Apple telah mengizinkan software dan layanan multimedia online iTunes berjalan di sistem operasi Windows. Namun hingga kini, Apple tak mengizinkan iTunes berjalan di sistem operasi mobile besutan Google.

Steve Wozniak, orang yang turut mendirikan Apple bersama Steve Jobs, sangat mengharapkan iTunes bisa berjalan di Android. Wozniak yang sejak Februari 1987 sudah tak bekerja lagi di Apple, sangat menikmati hidupnya sebagai pelaku bisnis teknologi dan pecinta gadget. Ia memakai iPhone, Android, dan Windows Phone.

Sebagai pemilik perangkat Android, Wozniak ingin melihat Apple melakukan hal itu.

“Jika Anda ingat, kami mendaratkan iTunes di Windows,” kata Wozniak kepada situs web teknologi Slashdot, Selasa (2/10/2012). “Jadi, mengapa tidak mungkin iTunes tersedia untuk Android. Saya mencintai produk Apple dan iTunes, dan berharap iTunes ada di Android saya.”

Ia mengatakan, berkat iTunes dan iPod, Apple telah mengambil alih pangsa pasar industri download musik global.

Namun, apa yang diinginkan Wozniak nampaknya tak akan direalisasikan oleh Apple. Karena, Apple dan Android sejak dulu punya hubungan yang kurang mesra. Apalagi, sistem operasi Android saat ini adalah pemimpin pangsa pasar smartphone global, yang jauh meninggalkan iPhone.

Mendiang Steve Jobs pernah mengatakan, ia bersedia mengeluarkan banyak uang Apple yang ada di bank untuk “perang termonuklir” dengan Android. Karena, Jobs menuding Android adalah produk yang mencuri ide sistem operasi mobile iOS.

Hal inilah yang menyebabkan Apple sering mengajukan gugatan hak paten kepada para produsen Android, seperti Samsung, HTC, dan Motorola Mobility.

Apalagi, baru-baru ini Apple seperi memberi pertanda ingin melepaskan diri dari bayang-bayang Google, yang juga pemilik Android. Hal ini terlihat dari keputusan Apple membuang aplikasi YouTube dan Google Maps, sebagai aplikasi bawaan di iOS versi 6.