Jejaring sosial yang didirikan Mark Zuckerberg itu tidak memberikan petunjuk mengenai apa yang akan diumumkan. Dalam undangan hanya tertulis: “Come and see what we’re building” (Lihat apa yang sedang kami buat).

Facebook menyiapkan kejutan hari ini, Selasa, 15 Januari 2012. Sebuah undangan juga sudah disebar ke media, untuk menghadiri acara khusus yang akan diadakan Facebook di kantor pusat mereka di Menlo Park, California, Amerika Serikat.

Tapi rumor yang paling menarik adalah Facebook akan memperkenalkan ponsel yang mereka kembangkan. Ini memang masih teka-teki. Dilansir dari Venture Beat, Facebook memang telah lama dikabarkan menjalin kerjasama dengan HTC untuk memproduksi smartphone.

Perangkat ini nantinya akan terhubung langsung ke akun pengguna Facebook. Selain itu, tentu saja sejumlah fitur khas Facebook akan menjadi aplikasi bawaan khusus, seperti Facebook Messenger dan layanan photo sharing yang baru saja dibeli Facebook, Instagram.

Hal yang membuat kompleks lainnya adalah, Facebook beberapa kali mengatakan kepada mitra mereka seperti Google dan Apple, bahwa Facebook tak pernah berniat membangun smartphone. “Membuat ponsel Facebook sangat tidak masuk akal bagi kami,” kata Zuckerberg.

Jika ini merupakan permainan semantik kata, atau Facebook berubah pikiran, TechCrunch menulis ada kemungkinan Facebook mengembangkan smartphone untuk kelas low end dan mid end di pasar negara berkembang, pasar yang tak dijangkau secara khusus oleh Google dan Apple.

Tapi TechCrunch menyebut, rumor tentang smartphone ala Facebook bisa jadi bukan tentang piranti keras atau hardware. Adapun yang akan diperkenalkan Facebook adalah sistem operasi mobile, Facebook OS, yang akan digunakan di sejumlah perangkat smartphone.

Hal ini diindikasikan dengan tak terlihatnya Facebook mengerjakan proyek manufaktur sebuah perangkat yang biasanya dikerjakan pabrik perakitan di Asia. Bocoran mengenai perakitan ponsel buatan Facebook juga tak terdengar. Tentu Facebook OS menjadi hal yang lebih masuk akal, meski belum diketahui fitur apa saja yang akan menjadi unggulan.

Semua memang masih misteri. Karena itu tentu menarik untuk menunggu apa yang akan diperkenalkan Facebook dalam waktu beberapa jam mendatang.