Untuk mempercantik blog, kita bisa melakukannya dengan berbagai cara, salah satunya dengan memasang widget. Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas daftar widget WordPress terbaik yang bisa Anda pasang pada blog Anda.

Mypagerank

Situs ini menyediakan berbagai macam fitur yang digunakan untuk optimasi blog, seperti; SEO stats, google pagerank, ping service, spider view dan sebagainya. Googlepagerank contohnya, fitur ini memberi penilaian berupa rangking 1-10 terhadap blog Anda. Semakin tinggi nilai rangking blog Anda, maka semakin baik blog Anda di mata google.

Flickr

Bagi Anda yang menggemari dunia fotografi, mungkin situs ini bisa menjadi pilihan untuk menyimpan dan sharing album foto Anda. Untuk registrasi Anda harus mempunyai akun di Yahoo! dulu. Jika sudah registrasi, Anda tinggal mengambil kode widget melalui http://www.flickr.com/badge.gne dengan mengikuti intruksinya sampai selesai. Setelah itu, Anda bisa pasang kodenya di blog Anda.

Alexa

Jangan harap Anda bisa menemukan profil salah satu personel band di sini. Ya, ini bukan situs salah satu band musik yang sering Anda dengarkan lagunya itu, tapi ini adalah situs populer yang menawarkan fitur untuk menampillkan peringkat/ rangking blog Anda.

Untuk mendapatkan widget ini Anda tidak perlu mendaftar, cukup masukkan alamat blog Anda, setelah itu salin kode yang diberikan ke dalam blog Anda. Simple kan?

Polldaddy

Kalau Anda ingin seru-seruan membuat jajak pendapat untuk para pengunjung blog Anda, coba saja pakai widget ini. Anda bisa membuat pertanyaan sekaligus beberapa opsi jawaban, kemudian biarkan pengunjung yang menjawab. Setelah direspon oleh pengunjung Anda bisa melihat hasil suvey-nya.

Kontactr

Situs ini menyediakan layanan kontak bagi pengunjung blog yang ingin mengontak Anda secara pribadi melalui email. Cara kerjanya pertama-tama pengunjung mengklik widget yang ada di blog Anda, kemudian pengunjung akan diarahkan ke form pengisian pesan untuk diisi. Prinsipnyatidak jauh beda dengan mengirim email di Yahoo! atau Gmailkok, cuma bedanya di sini kita memakai perantara.

Feedburner

Feedburner memungkinkan pengunjung blog membaca konten blog kita tanpa harus mengunjungi blog kita. Sehingga mereka masih bisa terus memantau update blog kita.

Feedjit

Widget ini memiliki empat buah layanan. Tapi dari keempat layanan itu, hanya dua layanan yang paling sering digunakan oleh para bloggeryakni live traffic live dan live traffic map. Live traffic live digunakan untuk menampilkan dari mana pengunjung bisa menemukan blog kita, serta dari mana pengunjung itu berasal (kota dan negara). Sementara live traffic map, digunakan untuk menampilkan peta pengunjung blog.

Clocklink

Siapa sih yang bisa tahan tidak melihat jam dalam sehari? Pasti berkali-kali, kan? Jika Anda merasa perlu memasang jam di blog, Anda bisa coba gunakan widget ini. Terdapat banyak desain menarik di sini, mulai dari analog, animasi, digital, dan sebagainya.

Getcalendarwidget

Masih ada widget lain yang berhubungan dengan waktu, yaitu kalender. Widget ini cukup lumayan membantu Anda yang pekerjaannya berkaitan dengan deadline.

Weather

Jika Anda ingin selalu memantau perkembangan cuaca di suatu kota, widget ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk dipasang di blog Anda. Di sini Anda bisa menentukan sendiri kota yang akan diprediksi cuacanya serta berbagai tampilan theme yang diinginkan.

Histats

Ingin memperlihatkan kepada pengunjung bahwa blog Anda ramai? Gunakan saja perekam statistik blog yang satu ini. Anda bisa memajang langsung statistik blog Anda kepada publik, berapa jumlah kunjungan per hari, page view, serta total kunjungan dan pageview-nya. Oh ya, situs ini juga memberi fasilitas untuk mengimpor data statistik blog Anda dalam bentuk file untuk dicetak.

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai fungsi lain website seperti WordPress, Anda bisa bergabung di AsianBrain.com. Di situs ini, selain diajarkan tentang WordPress, Anda juga akan diajarkan bagaimana mendapatkan peluang bisnis online yang menguntungkan melalui Internet Marketing.