1. Melatih Otak Kanan dan kiri
Sebelumnya, mari kita perhatikan manfaat otak kanan dan kiri di bawah ini:Untuk memahami fungsi otak kita, saya coba uraikan sebagai berikut:
Otak kanan: KREATIF — Bentuk, Intuisi, Lagu &musik, Warna warni, Simbol, Gambar, Imajinasi, Menghayal
Otak kiri: ANALITIK — Bahasa verbal, Matematika, Logika, Angka2, Urutan2, Penilaian, Analisis, Linier Untuk otak kanan, hal ini sangat jelas. Bila kita berbicara tentang lagu, tentu kita juga tidak akan lepas dengan music.

Agar manfaat lagu anak bagi otak kanan semakin lengkap, kita bisa meminta anak bernyanyi sambil menggambar / mewarnai, menunjukkan gambar, dan aktivitas menarik lainnya. Manfaat lagu bagi otak kiri bisa terlihat pada saat kita meminta anak untuk mengingat lirik lagu anak, belajar berhitung dengan lagu, tanya-jawab tentang lagu anak yang dinyanyikan, dan aktivitas yang lain.

2. Melatih kemampuan mendengar
Saat saya masih kuliah di jurusan sastra Inggris, saya mendapatkan mata kuliah “listening”. Pada mata kuliah tersebut, dosen saya sering memberikan ujian dengan cara meberikan ujian berjenis “fill in the blank” (mengisi titik-titik) sebuah lirik lagu. Pada ujian tersebut, dosen akan memutarkan sebuah lagu, kemudian dosen tersebut meminta para mahasiswa untuk mengisi bagian yang kosong dengan kata-kata yang sesuai dengan lirik lagunya. Dengan lagu yang diputarkan oleh dosen saya dan ujian yang beliau berikan, saya bisa belajar kemampuan mendengar kata-kata, baik yang sudah saya tahu ataupun kata-kata yang baru saya tahu dalam bahasa Inggris.

3. Mengubah mood Anak
Dengan sebuah lagu, anak yang tadinya terlihat lesu, malas, ngantuk, menjadi lebih ceria setelah saya ajak mereka bernyanyi lagu anak dengan “beat” cepat.

4. Belajar Bersosialisasi
Hal ini terasa sekali menfaatnya saat saya mengajarkan lagu anak kepada siswa di awal tahun. Dengan lagu anak yang saya berikan, terutama lagu-lagu yang berteman perkenalan dan permainan, anak-anak menjadi lebih akrab dengan lebih cepat satu sama lain.

5. Melatih Anak Berbicara
Manfaat ini akan lebih bisa terlihat pada saat saya mengajarkan lagu ankak kepada anak usia dini, terutama yang masih susah ngomong. Dengan lagu anak, anak-anak menjadi lebih lancer ngomong. Padahal kalau disuruh ngomong biasa mereka masih terbata-bata. Dengan lagu, kata-kata yang keluar sangat lancar.

6. Melatih Kerjasama
Dengan lagu anak yang bertema permainan berkelompok, anak-anak bisa berlatih kerjasama. Anak-anak paling suka sebuah permainan kelompok. Salah satunya adalah dengan lagu “Buat Lingkaran”. Anda harus mencobanya.

7. Memeberikan Ketenangan Pada Anak
Lagu anak yang berirama slow akan lebih cocok dalam hal ini. Untuk itu, saya biasa menggunakan lagu “Selamat Malam”. Yah… Meskipun dinyanyikan di siang hari, tidak masalah kok. Yang penting kita ajak anak berimajinasi dengan mengatakan,”Anak-anak, mari kita bayangkan, kita siap-siap tidur di malam hari. Lalu datang papa kita, mengecup kening kita lalu bernyanyi sebuah lagu bagi kita semua agar boboknya nyenyak. (Lagunya ada di SINI)

8. Belajar Calistung (Membaca, Menulis, berhitung).
Dengan lagu “Aku Bisa Baca”, kita bisa mengajak anak melafalkan huruf dalam sebuah kata, lalu menuliskannya. Atau kita bisa meminta anak untuk membaca lirik lagu tersebut di papan tulis (tentunya Setelah kita menuliskan liriknya di papan tulis). Dan dengan lagu “Jumlah Buah”, kita bisa mengajak anak untuk bernyanyi sambil berhitung.