Sebelumnya telah saya jelaskan cara dan tips untuk membuat blog gratis. Tapi blog yang saya jelaskan adalah lebih banyak fokus pada blogspot. Kali ini akan saya jelaskan secara singkat cara membuat blog wordpress. Cara membuatnya mudah dan praktis. Dan yang jelas gratis. Sebagaimana kita tahu bahwa blog wordpress ada dua macam. Ada yang gratis dan ada yang berbayar. Blog yang sedang anda nikmati ( baca maksud saya ) adalah blog wordpress berbayar. Saya harus membayar biaya tahunan untuk domain yang saya miliki dan saya juga harus membayar hosting yang saya sewa. Jadi kenapa saya meletakkan iklan PPC dan iklan banner sponsor? Itu tadi. Agar web Tips Blogging tetap bertahan dan exist di internet. Dan yang tak kalah pentingnya adalah saya bisa tetap berbagi dan menemui anda semua di internet. Senang sekali kan bisa memberikan ilmu-ilmu untuk para rekan di seluruh Nusantara. Walau terus terang, ilmu masih sedikit, tapi paling tidak memberikan pengetahuan buat orang lain adalah suatu kenikmatan tersendiri. Kembali pada blog wordpress gratis. Walau gratis jika dikelola dengan baik, diupdate dengan informasi secara rutin, maka blog akan menjadi populer dan banyak diminati.

 

Maaf ya kok panjang banget pendahuluanya. Langsung saja. Membuat blog wordpress gratis tentu saja sangat mudah. Sesuai dengan judul artikel kali ini “Cara Praktis Membuat Blog WordPress”. Karena memang membuat blog wordpress itu sangat mudah. Semudah membalik telapak tangan. Malah lebih mudah dari pada mencangkul di sawah. Ada seorang teman berkata, saya tidak tahu membuat blog. Sulit benar. Kata hati saya : apanya yang sulit. kan modalnya hanya kemauan, punya alamat email, ya cukup. Kecuali tidak bisa menulis dan membaca. Kalau tidak bisa yang dua tersebut, maka memang tidak bisa membuat blog. He he he. Oke kita lanjutkan Cara Membuat Blog WordPress. Berikut cara mudah membuat blog di WordPress :

 

1. Silahkan anda buka web wordpress di http://id.wordpress.com Ini versi Indonesia. Jika anda buka http://wordpress.com maka yang akan terbuka adalah versi English. Tinggal pilih saja. Tapi berhubung saya ini orang Indonesia asli, maka saya gunakan saja tutorial kali dengan bahasa Indonesia.

 

 

2. Klik Tombol Daftar Sekarang dan akan keluar form untuk melakukan pendaftaran. Di atasnya bertuliskan : Miliki Account WordPress.com dalam Hitungan Detik ! Lihat gambar

 

 

 

 

3. Isi semua form yang tersedia sebagai berikut :

 

Alamat Blog, Isi dengan alamat blog yang anda inginkan misalnya : TheOkeBlog Tergantung ketersediaan. Jika alamat yang anda tuliskan belum diambil orang lain, maka akan muncul pemberitahuan bahwa alamat blog masih tersedia.
Nama Pengguna : Secara otomatis setelah anda masukka alamat blog di atas maka akan menjadi Nama Pengguna
Kata Sandi : Adalah rangkaian kata rahasia hanya anda yang tahu. Buatlah seunik mungkin agar aman dari pencurian password/kata sandi
Konfirmasi : Silahkan ketik ulang password/kata sandi yang telah anda buat tadi.
E-mail Address : Isi dengan alamat email anda yang valid aleas tidak main main. Kalau Alamat Palsu maka akan dimarahi Ayu Ting Ting….eiiiit kok jadi ngelantur. Alamat email wajib valid karena nanti anda harus melakukan aktivasi. Link aktivasi akan dikirim ke email anda.
Bahasa Tulisan Blog, Pilihlah bahasa sesuai dengan blog yang akan anda kelola. Jika blog anda akan diisi dengan bahasa Inggris, pilih saja bahasa Inggris.
• Terus tarik ke bawah dan ada tombol Create Blog.

 

 

4. Sukses. Silahkan cek email anda untuk melakukan aktivasi. Sebelum melakukan aktivasi maka anda belum bisa melakukan blogging. Buka email dari wordpress di inbox anda. Ada link untuk aktivasi silahkan klik tombol Activate Blog. Insya Allah seperti gambar di bawah ini :

 

Oke sudah beres proses pembuat blog anda. Tinggal bagaimana mengisinya dengan artikel-artikel anda yang berkwalitas. Bagaimana cara posting artikel, bagaimana cara memilih themes wordpress, bagaimana cara menampilka widget di side bar, nanti ya di lain waktu dan kesempatan.